Jumat, 29 Juni 2012

Pengenalan Procedure


Procedure adalah suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai sub-program (modul program) yang merupakan sebuah program kecil untuk memproses sebagian dari pekerjaan program utama.
Prosedur banyak digunakan pada program yang terstruktur, karena :
• Merupakan penerapan konsep program modular, yaitu memecah-mecah program yang rumit menjadi program-program bagian yang lebih sederhana dalam bentuk prosedur-prosedur.
• Untuk hal-hal yang sering dilakukan berulang-ulang, cukup dituliskan sekali saja dalam prosedur dan dapat dipanggil atau dipergunakan sewaktu-waktu bila diperlukan.

Bentuk umum Procedure
  PROCEDURE nama;
  Atau
  PROCEDURE nama (formal parameter : jenis);
  Jika kita menggunakan procedure dalam suatu program, maka procedure   tersebut harus dituliskan pada bagian deklarasi. 

Jenis-jenis Procedure
- Procedure Berparameter
- Procedure Tak Berparameter

Procedure Berparameter
Procedure berparameter dirancang agar sepotong kode yang sama ketika eksekusi dilakukan, dapat dipakai untuk nama parameter yag bebeda beda.

Procedure Tak Berparameter
Procedure tanpa parameter memanfaatkan nilai dari nama nama yang terdefinisi pada kamus global. Pemakaiannya biasanya harus hati hati, apalagi jika teks program sudah sangat besar dan implementasinya menjadi banyak file. 

Perbedaan Fungsi dan Procedure
  • Fungsi dapat mengembalikan suatu nilai yang dapat digunakan dalam ekspresi. Sedangkan, prosedur tidak memiliki nilai yang berhubungan dengan namanya.
  • Fungsi digunakan untuk membuat operasi-operasi yang tidak ada dalam fungsi utama. Sedangkan, prosedur digunakan untuk menstrukturkan suatu program dan untuk memperbaiki kejelasan dan keumumannya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar