Jumat, 20 Juli 2012

Attitude di SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG


SMK Telkom Sandhy Putra Malang (Sekolahku yang menjadi kebanggaanku :3) terkenal akan kesenioritas dan kebersamaannya. Ikatan antara para senior dan junior bahkan dengan alumni terjalin dengan sangat baik. Semua bahkan terlihat sejak pertama MOS dilaksanakan. Para alumni juga membuat sebuah kesatuan dengan alumni alumni lain yang diberi nama WIKUSAMA. Alumni alumni yang akan selalu membantu membantu para junior mereka yang baru lulus untuk segera mendapatkan job.
Tradisi ini telah turun menurun sejak angkatan pertama SMK TELKOM. SMK TELKOM SP MALANG yang mempunyai slogan Attitude is Everything juga sangat memerhatikan akan sikap dan kelakuan para warga sekolahnya. Semuanya dituntut untuk selalu menjaga sikap dimanapun dan kapanpun berada. Hal ini mengingat bahwa memang benar bahwa attitude adalah segala galanya. Percuma saja memiliki kepintaran dan kecerdasan jika mempunyai attitude atau sikap yang buruk. Orang lain  akan memandang kita pertama dari sikap dan kelakuan kita, bukan dari seberapa cerdas kita. Kecerdasan bisa saja dilatih berulang kali, tetapi cap dari diri kita bisa saja akan selalu melekat dalam diri kita meskipun kita mungkin telah berubah. Oleh karena itulah attitude di SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG selalu diperhatikan. Pendidikan attitude itu diajarkan oleh senior kepada para juniornya. Pendidikan attiutde itu antara lain adalah :

  1. Selalu menaati peraturan, baik peraturan sekolah, kelas, dan organisasi serta menjaga nama baik sekolah serta angkatan. 
  2.  Selalu menyapa para Guru, pegawai, staff, alumni, senior, dan bahkan teman seangkatan dimanapun dan kapanpun. Hal ini diajarkan oleh para senior ke junior sejak pertama MOS berlangsung. Hal ini dilakukan antara lain untuk mempererat hubungan diantaranya mengingat bahwa setiap hubungan yang baik selalu diawali dengan senyuman :). 
  3. Saling bantu membantu. Hal ini biasanya dilakukan oleh para junior kelas 1 dengan senior kelas 2 karena biasanya junior kelas 1 belum mengerti tentang pelajaran yang ada di SMK TELKOM. Kelas 2 dengan kelas 3 dalam menghadapi persiapan TA kelas 2. Kelas 3 dan para alumni ketika akan menghadapi PSG atau ketika akan mencari job.
  4. Selalu mengutamakan kebersamaan. Kebersamaan selalu diutamakan dalam segala bidang, terutama pada angkatannya. Koordinasi juga telah diajarkan sejak awal MOS terutama saat mempersiapkan barang bawaan MOS dan tugas tugasnya. 
  5. Selalu menjalin hubungan yang harmonis dengan para senior dan alumni.
  6. Bersikap dan bertingkah laku sopan dengan masyarakat sekitar Sawojajar dan lingkungan lainnya. 
  7. Tidak manja dan selalu bekerja keras, juga tidak mengenal pantang meyerah. Hal ini mengingat tugas dan PR dari guru guru yang super duper banyak. Hal ini dilakukan agar para siswa  SMK TELKOM tidak kaget saat berada di industri kelak yang mungkin menuntut deadline dan kerja lembur. Oleh karena itulah mengapa manja menjadi makanan haram dalam SMK TELKOM :3
Gedung SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG


Siswa SMK TELKOM yang saat mengikuti upacara

Kebersamaan saat mengikuti pelajaran

Kekompakan Paskibra SMK TELKOM







1 komentar: