Minggu, 05 Agustus 2012

Pembentukan SIkap




Pembentukan sikap selalu berlangsung secara bertahap dan dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal ini merupakan proses belajar yang paling efektif bagi seseorang. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap adalah :
1. Pengalaman Pribadi 
    Pengalaman pribadi adalah pengalaman yang pernah kita alami. Hal ini tentu akan membentuk sikap positif dan juga negatif. Untuk itulah mengapa pengalaman pribadi yang dapat membentuk sikap adalah pengalaman pribadi yang bisa meninggalkan kesan yang kuat nbagi pelakunya sendiri. Karena dengan kesan yang kuat itu maka akan sulit untuk terlupakan, dan dari semua itu akan menjadi suatu kebiasaan yang kemudian akan membentuk suatu sikap bagi pelakunya.



2. Pengaruh orang orang yang penting/berarti di hidup kita. 
    Dalam hidup ini kita pasti memiliki orang orang yang berarti dalam hidup kita. Orang orang tersebut antara lain orang tua, suami, istri, pacar, sahabat, teman dll. Orang orang tersebut tentu akan banyak berpengaruh terhadap pembentukan sikap kita karena mereka yang selalu ada di sisi kita. Terutama kehadiran orang tua akan sangat menentukan bagaimana sikap dan tingkah laku kita karena itulah kenapa peran keluarga begitu penting. Pergaulan dengan orang lain juga akan sangat menentukan pembentukan sikap yang selanjutnya.


3. Pengaruh Kebudayaan
    Pengaruh kebudayaan ini juga mempunyai dampak yang cukup besar dalam pembentukan sikap kita, terutama kebudayaan tempat kita hidup dan dibesarkan, karena hal ini yang mempengaruhi pola hidup masyarakat setempatnya. Kepribadian yang telah mapan yang mampu mendominasi kebudayaan dan pembentukan sikap individual. Dalam hal ini media massa juga turut berperan penting. Media massa membawa pesan pesan serta sugesti yang dapat mengarahkan opini bagi seseorang. Pesan pesan sugesti ini bila saja cukup kuat akan memberi dasar afektif dalam menilai sesuatu hal sehingga terbentuklah sikap. 


5. Lembaga Pendidikan dan Lembaga Agama
    Hal ini karena kedua lembaga tersebut meletakkan dasar pengertian dan konsep moral dalam diri individu. Maka akan sangat baik jika pengajaran ini diberikan kepada seseorang sejak mulai dini. 


6. Pengaruh Faktor Emosional
    Hal ini mungkin saja terjadi karena adanya emosi sesaat yang terluapkan sebagai bentuk pelampiasan atau frustasi. Sikap ini mungkin hanya bersifat sementara dan dapat hilang. Tapi juga tidak memungkinkan bila akan bertahan lama. Seseorang belum begitu kenal mungkin akan menilai ini adalah suatu sikap aslinya, Oleh karena itulah sebab kenapa orang harus bisa mengontrol setiap emosi.


Tipe Sikap 
3 Typical Sikap Seseorang :
1. Kepuasan Kerja 
    Seseorang yang menyukai pekerjaannya akan cenderung berusaha untuk bersungguh sungguh. Hal ini akan menunjukkan sikap positif seseorang terhadap pekerjaannya. 
2. Keterlibatan Kerja
    Hal ini terlihat dengan sampai sejauh mana seseorang memihak pada pekerjaannya, berpartisipasi aktif di dalamnya serta menanggapi kinerjanya sangat penting bagi organisasi yang diikutinya.
3. Komitmen pada organisasi
    Hal ini terlihat pasa bagaimana seseorang setia pada organisasi yang dijalaninya. 


Faktor Faktor Penentu Kepribadian 
Menurut Stephen dan Timothy, 2008:127 , faktor faktor yang menentukan kepribadian seseorang antara lain :
1. Faktor Keturunan 
2. Faktor Lingkungan 
3. Faktor Situasi dan Kondisi   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar