Minggu, 09 September 2012

Menu JOption Pane

Postingan ini mengenai program konversi bilangan yang telah saya buat dengan menggunakan JAVA. Pada dasarnya program ini bertujuan untuk mengkonversikan bilangan desimal ke dalam bentuk biner, hexa ataupun oktal. Tapi pada program ini lebih istimewa daripada program lain, karena telah terdapat beberapa kombinasi untuk menginputkan identitas dari end user dan juga telah terdapat beberapa validasi ketika pengisiannya. Untuk lebih jelasnya simak baik baik penjelasan di bawah ini.

1. Seperti biasa , buka Netbeans, lalu pada package anda klik kanan new JAVA Class, berikan nama class anda. Kalau pada program saya ini menggunakan nama MenuJOption.



2. Lalu di atas package anda ketikkan script seperti di bawah ini, fungsinya adalah untuk mengimport java swing JOption. 



3. Kemudian di bawah class anda ketikkan script di bawah ini yang bertujuan untuk pendeklarasian variabel global.

4. Lalu script dibawah ini, funsinya untuk proses pengkonversian bilangan yang diinputkan



5. Selanjutnya ketikkan script ini untuk penginputan bilangan desimalnya 



6. Method method ini untuk menampilkan hasil keluaran dari proses pengkonversian bilangan yang tadi telah diproses. 



7. Kemudian ketikkan method di bawah ini yang fungsinya untuk memproses penginputan nama dan jenis kelamin.



8. Lalu ketikkan method di bawah ini yang gunanya untuk memproses bilangan yang kita inputkan menjadi bentuk terbilang dan kemudian menampilkannya lewat JOption Pane. 



9. Untuk selanjutnya ketikkan method di bawah ini, tujuannya untuk memproses bilangan menjadi bentuk pecahan pecahan, seperti ratusan, puluhan, dan ribuan, dan kemudian menampilkannya lewat JOptionPane juga. Pada program ini bentuk pecahan maksimal sampai quantiliyun.



10. Kalo method di bawah ini untuk tombol "Kembali" yang terdapat pada menu utama program ini. Tujuannya apabila kita ingin menginputkan nama kembali setelah kita berada di menu utama, jadi tidak perlu keluar dan menge-run dari awal lagi.



11. Selanjutnya method ini yang bertugas untuk menampilkan menu utama dari program ini melalui JOptionPane. Terdapat beberapa option button seperti Biner, Hexa, Octal, Terbilang, Pecahan, Kembali, dan Keluar. 



12. Nah ini yang terakhir, merupakan main method dari semua method method yang ada di atas. 



Selesai, anda bisa langsung mengerun program ini dengan cara menekan tombol Shift+F6. Hasilnya seperti pada gambar gambar di bawah ini :


Spoiler :
Ini adalah pada saat penginputan nama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar