Jumat, 11 Juli 2014

Yii Tutorial, day 1









 

APA SIH YII ??

Yii apaan hayooo ? sejenis makanan ringan yang krenyes krenyes itu yaa, eh bukan. Menurut website nya yang saya copas disini Yii itu adalah framework (kerangka kerja) PHP berbasis-komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi Web berskala-besar. Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman Web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan.”. .Yii sendiri merupakan kepanjangan dari “Yes It Is”. Yes It Is sendiri maksudnya kalo Yii mampu dan tepat anda pilih untuk mengerjakan project anda. Jadi kalo ada yang tanya "Is it Fast?? .. Is it Secure?? .. Is it Professional?? .. Is it right for my next project ??" Jawabannya "Yes It Is".

Project ini sendiri pertama kali dikembangkan oleh seorang master bernama Qiang Xue pada Januari 2008 dan pada Desember 2008 Yii 1.0 dirilis untuk publik. Dan sunggu menakjubkan, baru berselang beberapa tahun Yii sekarang sudah menjadi PHP framework yang diminati banyak orang termasuk anda yang sedang membaca ebook ini. Yii sendiri tentunya ga kalah bagus dengan PHP Framework yang lainnya, hal tersebut dapat dilihat dari segudang fitur yang dimiliki oleh Yii sendiri.


Nah sekarang udah tau kan gambaran singkatnya tentang Yii,sekarang cari tau yuk apa aja senjata yang diperluin buat nembak Yii :3


ALAT DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN 

Yang jelas butuh niat dan semangat, dan kopi sepertinya so important karena biasanya programmer pasti punya penyakit ngantuk, jadi buat antisipasi pake ini aja lah, jangan lupa insto juga buat netesin mata kalo sewaktu waktu udah pedes banget liat layar yang berisi tulisan warna warni nan indah XD.
Hahaha, intinya buat melajarin framework Yii kita butuh tools di bawah ini :

1.    Yii Framework yang bisa didownload di http://www.yiiframework.com/download/.

2.    Web Server dan Database. 

3.    Browser buat testing program,

4.    Editor/IDE.


INSTALASI YII

Instalasi YII  sangat mudah, setelah anda selesai mengunduh Yii di websitenya, kemudian ekstrak di tempat yang anda inginkan. Kemudian ganti nama agar anda mudah mengingatnya(opsional). Pindahkan di direktori yang dapat diakses oleh web komputer anda, karena saya menggunakan XAMPP pindahkan ke dalam direktori htdocs. Kemudian buka browser anda, ketikkan http://localhost/NamaFolderYiiFrameworkAnda/requirements. Ini merupakan requirement requirement yii untuk laptop/pc anda. Bisa juga anda ketikkan http://localhost/NamaFolderYiiFrameworkAnda/demos untuk melihat contoh contoh yang telah terdefault dibuatkan oleh yii. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar